Kecepatan dan Kelajuan

| |
Istilah kecepatan dan kelajuan sudah sangat familiar dalam masyarakat. Bahkan penggunaan kedua istilah ini terkadang salah. Contoh "kecepatan motor Andi adalah 100 km/jam". Apakah pernyataan tersebut benar atau salah?
Mari kita kembalikan kepada definisi kecepatan dalam fisika. Kecepatan merupakan perpindahan yang dilakukan oleh suatu benda setiap satuan waktu.
Pada pembahasan mengenai jarak dan perpindahan kita sudah mengenal bahwa perpindahan merupakan besaran vektor (besaran yang dinyatakan dalam besarnya dan juga arahnya) sedangkan waktu  merupakan besaran skalar. Besaran vektor jika dibagi dengan besaran skalar akan menghasilkan besaran vektor. Dengan demikian kecepatan merupakan besaran vektor sehingga kecepatan harus dinyatakan besarnya dan juga arahnya.
Maka pernyataan "kecepatan motor Andi adalah 100 km/jam" keliru. Seharunya apabila ingin menyatakan kecepatan pernyataannya adalah " kecepatan motor Andi adalah 100 km/jam ke arah Timur".
Satuan dari kecepatan dalam meter per skon (). Alat pengukur kecepatan dinamakan velocitymeter.
Apa bedanya kecepatan dengan kelajuan?
Kelajuan merupakan besaran skalar jadi hanya memiliki komponen besar saja. Kelajuan ini dapat didefinisikan sebagai besarnya jarak tempuh yang dilakukan benda setiap satuan waktu. Kelajuan ini akan sama dengan besar kecepatan apabila benda bergerak pada lintasan lurus. Alat pengukur kecepatan dinamakan speedometer. Jadi sesungguhnya yang terbaca pada alat ukur yang dipasang pada sepeda motor ataupun mobil adalah kelajuan.

3 comments:

Pada tulisan di atas, pengukur kecepatan yang awal katanya velocitymeter. Tapi pada yang kedua kok pengukur kecepatan namanya speedometer?

Bagaimana ini?

Apakah alat pengukur kecepatan memang dua?

Ataukah yang velocitymeter pengukur kecepatan, dan speedometer pengukur kelajuan?

velocitymeter = pngukur kcepatan.
Speedometer = pngukur kelajuan

Oh, terimakasih banyak.