Besaran Fisika (Besaran Pokok dan Besaran Turunan)

| |
fisikasma-online.com: Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah panjang, waktu, suhu, dan berat benda. Secara tidak disadari ternyata kita telah belajar mengenai satu bahasan fisika yaitu "Besaran".

Namun, apa sih definisi dari besaran ini? Dari berbagai sumber yang saya baca, definisi dari besaran secara fisika adalah segala sesuatu yang dapat diukur dengan angka eksak dan mempunyai satuan.

Dari sekian banyak besaran yang kita kenal, besaran dibagi ke dalam dua kelompok yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Definsi dari besaran pokok adalah besaran yang telah ditentukan terlebih dahulu (satuannya telah ditetapkan) berdasarkan kesepakatan para ahli fisika. Kalau di Indonesia ada istilah "sembilan bahan pokok", dalam fisika juga ternyata ada istilah seperti itu, yaitu "tujuh besaran pokok". Tujuh besaran pokok ini terdiri atas besaran panjang, waktu, massa, arus listrik, jumlah molekul, dan intensitas cahaya.

Selain besaran - besaran pokok yang telah nyatakan di atas, ada juga yang dinamakan dengan turunan. Definisi dari besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok. Contohnya volume yang diturunkan dari besaran panjang; gaya yang diturunkan dari besaran massa, panjang dan waktu; kecepatan yang diturunkan dari besaran panjang dan waktu. Lebih lengkapnya lihat tabel besaran dan juga satuannya di bagian bawah postingan ini.

Besaran menyatakan sifat dari benda. Sifat ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran. Oleh karena satu besaran berbeda dengan besaran lainnya, maka ditetapkan satuan untuk tiap besaran. Satuan juga menunjukkan bahwa setiap besaran diukur dengan cara berbeda. Agar adanya keseragaman, satuan untuk besaran - besaran fisika didasarkan pada satuan Sistem Internasional (SI). Satuan SI ini diambil dari sistem metrik yang telah digunakan di Perancis setelah revolusi tahun 1789.

Berikut adalah besaran - besaran fisika beserta satuannya:
Basic SI quantities
Quantity
Dimension
Alternatives
Root definition and Notes
Length/distance m m meter
Mass kg kg kilogram
Time s s second
Curren, electric A A ampere
Temperature K K kelvin
Quantity of subtance mol mol mole
Luminosity/Luminous Intensity cd cd candle

Untuk besaran turunan, silahkan lihat -**di sini**-

27 comments:

Anonymous said... 25 June 2011 09:49

THX B4 .

sangat bermanfaat sekali informasi mengenai besaran fisika (besaran pokok dan besaran turunan) dari anda. Terimakasih

Author

sama - sama.. semoga bermanfaat

Anonymous said... 28 July 2011 22:04

om ada terjemahan yg pake bahasa indonesia ga ?

Author

oh itu kan istilah bahasa Inggrisnya sering dijumpai.. jadi silahkan artikan sendiri ya.. he he.. atau translate pake google...

terima kasih om..
ini semua berguna bgt buat aku..

Terima kasih kaka :D

Join juga dong ke blog aku yahhhhh :DD

Sangat bermanfaaat informasinya, Thx...

Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat. :)

Thx atas informasinya...

Om Ada Rumus Yang Lebih Gampang ga .. ?
Sumpah Ga Ngerti Nih .. :'(

Wow, this is really complete!
Thanks very much.

Om...ad rumus besaran turunan yg smp gak??

Author

smp dan sma sama aja rumusnya

Anonymous said... 1 August 2012 15:22

prok prok prok

Tolong sebutin besaran yg dapat diturunkan dari besaran panjang dong, apa aja pliss jawab sekarang ya om :)

kurang lengkap nih pak.
di tambanh dong semua besaran pokok dan dan besaran turunan.
juga di tambah satuannya + lambang satuannya juga rumusnya. juga kalo bisa pakai bahasa indonesia biar lebih mudah baca dan lihatnya.
makasih

Anonymous said... 6 September 2012 11:10

visit http://himafisika.ukm.unnes.ac.id/pif

Pekan Ilmiah Fisika ke 23 se Jawa
total hadiah 19 Juta rupiah
tingkat SD, SMP, SMA

hub 085747780375

ina lestari said... 14 September 2012 09:49

makasih ya kak artikelnya,,bisa minta materi lain gak tentang besaran yang berhubungan dengan teknik elektro?/

thanks, bermanfaat nih..

Sebenernya sih bermanfaat, tapi ada kekurangan nya sedikit.. hehehe.. nggak papa kok, yang penting kan udah bagus.. (y)

Anonymous said... 10 October 2012 21:18

perasaan besaran pokonya kurang 1 yaitu suhu...
koreksi saya kalo salah...

Anonymous said... 19 December 2012 19:52

Thanks a bunch...
Sngat brmanfaat dan menambah ilmu.
Lw bsa dtmbh trjmhanx dunkz.. ;-)

Ijin copy tabelnya ya om..

artikelnya bahasanya sederhana

ga panjang panjang langsung ngerti , thx om