Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Hukum Young (Kelas XI semester 1) Menggunakan Model Latihan Inkuiri

| |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

ELASTISITAS
                                 Nama Sekolah        :
                                 Mata Pelajaran       : Fisika
                                 Kelas / Semester    : XI IPA / 1
                                 Pertemuan ke         : 1
                                 Jumlah Pertemuan : 5 x pertemuan (@2 x 45 menit)
================================================================
I.            Standar Kompetensi
1.      Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
II.            Kompetensi Dasar
1.3. Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan.
III.            Indikator
1.      Menjelaskan pengertian sifat elastis dari suatu benda.
2.      Menghitung besar tegangan dan regangan dari suatu benda elastis.
3.      Menggambarkan grafik hubungan tegangan dengan regangan
4.      Menentukan batas hukum hukum Hooke, batas elastis, dan titik patah dari suatu benda elastis.
5.      Menganalisis grafik tegangan sebagai fungsi dari regangan untuk menentukan modulus elastisitas suatu benda elastis.
IV.            Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan melalui eksperimen.
V.            Materi Pembelajaran
Modulus Elastisitas
VI.            Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran   : Latihan Inkuiri (Inquiry Training Model)
Pendekatan                 : Eksperimen, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab.


VII.            Sarana dan Sumber Belajar
Sarana Belajar:
1.      Karet gelang                                           6 buah
2.      Statif                                                       6 set
3.      Penggaris                                                6 buah
4.      Beban gantung                                        6 set
Sumber belajar:
1.      Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika 2 untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Handayani, Sri. 2009. Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departmen Pendidikan Nasional.
3.      Kanginan, Marthen. 2004. Fisika untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
4.      Lembar Kerja Siswa
VIII.            Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
1.      Guru memasuki kelas kemudian mengucapkan salam
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa dan memastikan siswa siap untuk belajar.
3.      Guru memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
Kita tentu sudah mengenal mengenai gaya (F) dan gaya berat (w). Apa yang dimaksud dengan gaya dan gaya berat tersebut? Bagaimana cara menghitung besar gaya dan gaya berat tersebut?
4.      Setelah siswa menjawab pertanyaan apersepsi, guru mengoreksi jawaban siswa.


10 menit

2’







Langkah – langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Gaya adalah tarikan atau dorongan terhadap benda bermassa.Gaya berat adalah gaya gravitasional yang dilakukan oleh bumi kepada suatu benda bermassa.

Cara menghitung gaya adalah dengan cara mengalikan massa benda dengan besar percepatan yang dilakukan oleh benda ()

Cara menghitung berat benda adalah dengan mengalikan massa benda dengan besar percepatan gravitasi yang dialami benda tersebut ()
Fase 1: Memberikan Situasi Masalah dan Menjelaskan Prosedur Latihan Inkuiri
5.      Guru menggali konsep awal siswa dengan memberikan demonstrasi sebagai berikut:

Dari demonstrasi tersebut, guru memberikan pertanyaan sebagai berikut:
a.      Ketika karet gelang diberi beban, maka karet akan memanjang. Tetapi apabila beban dilepaskan maka panjang karet akan kembali ke ukuran semula. Bagaimana apabila massa beban ditambah ditambah, apakah kondisi tersebut akan tetap berlaku?




4’
























Langkah – langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
b.      Apakah semua benda memiliki tingkat elastisitas yang sama?Bagaimana cara kita mengetahui kemampuan elastisitas dari suatu benda (Modulus Young)?
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
7.      Guru memotivasi siswa agar tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran.




4’
B.     Kegiatan Inti
1.      Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
2.      Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok siswa.
3.      Guru menjelaskan prosedur belajar yang akan dilaksanakan (prosedur model latihan inkuiri) dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Fase 2: Mengumpulkan Data – Verifikasi Masalah
4.      Siswa menelaah masalah yang diberikan dalam demonstrasi dengan arahan pertanyaan dalam LKS.
5.      Siswa menentukan data – data yang mendukung terhadap permasalah yang diberikan.
6.      Selama siswa diskusi, guru berkeliling ke setiap kelompok untuk membimbing jalannya diskusi. Ketika ada pertanyaan dari siswa, guru hanya boleh menjawab dengan “ya” atau “tidak”, kemudian memberikan pertanyaan arahan yang membimbing.
Fase 3: Mengumpulkan Data Melalui Eksperimen (Membuat dan Menguji Hipotesis).
7.      Siswa membuat hipotesis dari permasalah yang diberikan.
8.      Siswa menentukan data - data yang akan diambil dalam eksperimen dan menentukan alat – alat yang akan digunakan.
60 menit



3’









10’






Langkah – langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
9.      Siswa melakukan eksperimen untuk menguji hipotesis yang telah mereka buat.
Fase 4: Merumuskan Penjelasan.
10.  Siswa menghitung nilai tegangan dan regangan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil eksperimen
11.  Siswa membuat grafik tegangan sebagai fungsi dari regangan.
12.  Siswa menganalisis grafik hubungan tegangan terhadap regangan untuk menentukan daerah keberlakuan hukum Hooke, batas elastisitas, dan titik patah.
13.  Siswa menghitung modulus elastisitas (modulus Young) dari grafik yang diperoleh.
14.  Siswa berdiskusi untuk merumuskan penjelasan terhadap permasalahan yang diberikan.
15.  Siswa diberikan kesempatan untuk mengkomunikasikan penjelasan yang telah didiskusikan.
16.  Guru membimbing diskusi kelas untuk menganalisis hasil penjelasan yang dikomunikasikan oleh semua kelompok siswa.
Fase 5: Menganalisis Pola – pola Dari Proses Inkuiri.
17.  Guru mengarahkan siswa untuk menganalisis kegiatan inkuiri yang telah dilakukan.
18.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan saran dalam pelaksanaan inkuiri untuk kegiatan yang akan datang.



22’
















20




5’
Langkah – langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
C.     Penutup
1.      Guru memberikan refleksi terhadap materi yang baru selesai dilaksanakan kemudian memberikan penguatan terhadap materi yang masih kurang dikuasai oleh siswa.
Jawaban konsep awal:
a.      Ketika beban dilepaskan, panjang karet akan kembali ke ukuran semula asalkan beban yang diberikan tidak menyebabkan batas elastis benda terlampaui. Apabila beban yang diberikan menyebabkan batas elastis benda terlampaui maka panjang karet tidak akan kembali ke ukuran semula.
b.      Tidak semua benda memiliki tingkat elastisitas yang sama tergantung dari modulus elastisitas yang merupakan karakteristik yang dimiliki oleh benda. Karena modulus elastisitas ini merupakan karakteristik dari benda, maka modulus elastisitas yang dimiliki oleh benda akan berbeda – beda tergantung dari bahan penyusun benda tersebut.
Cara mengetahu modulus elastisitas (modulus Young) dari suatu benda adalah dengan cara mengukur gaya yang bekerja pada benda, luas penampang benda, panjang awal benda, dan
pertambahan panjang benda setelah diberikan gaya. Kemudian menghitungnya dengan menggunakan persamaan:



20 menit


Langkah – langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan:
E     = Modulus Young ()
F     = Gaya yang bekerja pada benda (N).
l       = Panjang awal benda (m)
A     = Luas penampang benda ()
 = Pertambahan panjang benda setelah diberikan gaya (m)
2.      Guru memfasiliasi siswa untuk mengerjakan tes.
3.      Guru menutup pelajaran kemudian mengucapkan salam.





5’


15

IX.            Penilaian
1.      Sikap siswa selama proses pembelajaran 
2.      Nilai tes tertulis yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran.
3.  Aspek psikomotor siswa.




0 comments: