Multiverse atau Parallel Universe (Dunia Paralel)

| |

Beberapa aya dalam Al-Qur'an yang menyatakan bahwa ada tujuh langit. Ayat - ayat tersebut adalah :



Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al Baqarah : 29)
Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Fushshilat ayat: 12)
Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu. (Q.S. Ath-Thalaaq ayat: 12)

Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? (Q.S. Al-Mulk ayat: 3)

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? (Q.S.Nuh ayat: 15)

Sebagai seorang muslim, kita harus meyakini akan hal tersebut. Namun, bagaimana fisika memandang hal tersebut. Menurut Max Tegmar, seorang profesor fisika dan astronomi di universitas pennsylvania, ada 4 tingkatan dunia paralel:

level I: beyond our cosmic horison
dunia paralel ini gak bisa diliat oleh kita karena berada di luar garis horison alam semesta kita. analoginya kaya kapal di tengah laut. kita ga bisa ngeliat kapal itu jika berada di luar horison. tapi jika kapal itu mendekati kita trus masuk dalam horison, kita bisa melihatnya sediki demi sedikit. nah, kalo kita diibaratkan ikan gurami dan kolanya adalah dunia nyata, maka deja vu yang kita rasakan adalah contoh getaran yang menandakan adanya dunia lain.
level II: other postiflation bubbles
jika di level I tadi dunia paralel berada dalam satu multiuniverse, maka di level II ini, dunia paralel terjadi dalam banyak multiuniverse. level ini berpegan pada teori Chaotic Eternal Inflation yang menyatakan bahwa jagad raya kita terus berkembang dan membesar sejak terjadinya big bang. karena cepatnya perkembangan jagad raya sehingga kita tidak dapat melihat multiverse lainya.
level III: quantum many world
dalam level ini aam semesta lainnya berada di sekeliling kita. level ini berpegang pada teori mekanika kuantum bahwa proses kuantum acak menyebabkan alam semesta bercabang dengan kemungkinan yng bisa terjadi.
level IV: other mathematical structures
pada ntinya pada level ini, setiap orang punya dunia paralelnya sendiri dengan berbagai kemungkinan yang terjadi.
Untuk lebih jelasnya lihat video berikut ini!

0 comments: