Kompetensi yang Harus Dimiliki Oleh Calon Guru

| |
Preservice Level

(1). a)menunjukkan pemahaman yang kuat dan signifikan tentang konsep utama dalam berbagai bidang sains, b)konsisten dengan Standar Nasional Pendidikan sains, rekomendasi NSTA, dan asesmen yang diperlukan guru pada masing-masing level persiapan; 

(2).Menunjukkan kemampuan untuk mengembangkan suatu tema kerangka pemersatu dari konsep-konsep yang terkait dengan sains tradisional yang berhubungan dengan National Science Education Standards; 

(3).a)Melakukan riset sains secara terbatas tapi mendalam, b)menunjukkan kemampuan dalam mendisain dan menyusun open-ended investigation dan laporan hasilnya dalam konteks satu atau lebih disiplin sains; (4).Mampu menunjukkan bukti dapat menggunakan matematika dan statistika untuk menganalisis dan menginterpretasi data dalam konteks sains

Induction Level

(1).mampu menunjukkan pemahaman konseptual dari seluruh konsep sains yang diajarkan dan dapat mendemonstrasikan kemampuan yang progresif untuk mengidentifikasi dan membuat jalinan orgnisasi konsep secara umum;

(2).Memadukan konsep secara tematis dari beragam disiplin sains tradisional menurut cara dan relevansinya;

(3).Secara mantap mendisain dan menggunakan penyelidikan serta pemecahan masalah sebagai konteks pembelajaran di kelas dengan melibatkan siswa dalam proyek penelitian; 

(4).Menggunakan aktifitas matematika dan statistika untuk mengembangkan konsep-konsep dasar dan untuk menganalisis serta menjelaskan data yang disesuaikan dengan bidang yang diajarkan dan tingkatan siswa.

Profesional Level
(1).Menampilkan secara kuat pemahaman yang fleksibel dari hubungan antar konsep secara umum di dalam bidang sains, mengidentifikasi perubahan konsep terkini dalam bidang sains, dan mengaplikasikan pemahaman tersebut untuk perencanaan dan pembelajaran; 

(2).Secara reguler memadukan konsep-konsep sains dari beragam disiplin yang ada dalam ilmu alam, memfasilitasi pengembangan pemahaman sains secara interdisipliner; 

(3).Secara reguler mendisain dan menggunakan penyelidikan serta pemecahan masalah sebagai konteks pembelajaran di kelas dengan melibatkan siswa dalam proyek penelitian; 

(4).Secara aktif dan berkesinambungan menggunakan matematika dan statistika untuk mengembangkan konsep-konsep dasar dalam sains untuk menganalisis dan menjelaskan data, serta untuk menyampaikan sains kepada siswa.

0 comments: